PENGERTIAN JURNAL ILMIAH


Penulisan jurnal ilmiah
mahasiswa
Oleh
Wahyu wiji utomo M.Pem.I
Pengertian jurnal ilmiah
Jurnal ilmiah dapat didefinisikan sebagai bentuk publikasi ilmiah berkala yang memuat hasil kegiatan bidang keilmuan tertentu, baik berupa hasil pengamatan empirik maupun kajian konseptual, yang bersifat penemuan baru, maupun koreksi, pengembangan, dan penguatan terhadap paradigma, konsep, prinsip, hukum, dan teori yang sudah ada.
Jurnal mahasiswa khususnya PPI merupakan jurnal yang bersumber dari tugas kuliah harian, tulisan mahasiswa yang belum pernah diterbitkan, ataupun penelitian mahasiswa yang pernah dilakukan dan belum dipublikasikan
Beberapa prinsip menulis yang perlu dikuasai bagi penulis pemula antara lain:
      1. Dalam angan-angan bayangkanlah pembaca adalah manusia yang spesifik, baik itu nyata atau imaginer. Para pembaca itu harus diandaikan misalnya sebagai kelompok intelegensia baik yang satu profesi maupun bukan.
      2. Sebelum memulai menulis harus sudah ditetapkan apa tujuan membuat tulisan. Oleh karenanya tiap-tiap paragraf, tiap kalimat, tiap kata harus jelas dan ikut mengambil bagian dalam isi tulisan secara utuh
      3. Menggunakan style dan gaya bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti, sudah biasa dipakai dan dikenal umum. Kemudian disusun menurut kaidah-kaidah tata bahasa yang sudah dibakukan.
      4. Berupaya agar tulisan ilmiah yang dibuat nampak menarik, enak dibaca, meskipun tidak harus "nyaman" untuk dibaca.
jurnal ilmiah yang akan dipublikasi biasanya terdiri atas:
1)      Judul .
2)      Penulis .
3)      Abstrak (abstract) yang kadang-kadang disertai dengan kata- kata kunci (key words).
4)      Pendahuluan .
5)      Bahan dan Metoda; atau Metodologi Penelitian
6)      Hasil Penelitian .
7)      Pembahasan .
8)      Kesimpulan dan Saran .
9)      Daftar Pustaka .

1. Penulisan judul
Judul diharapkan mencerminkan dengan tepat masalah yang dibahas dalam suatu tulisan. Oleh karena itu pilihan kata-kata harus tepat, mengandung unsur-unsur utama yang dibahas, jelas, dan setelah disusun dalam bentuk judul harus memiliki daya tarik yang cukup kuat bagi pembaca. Judul hasil penelitian harus menggambarkan keterkaitan variabel yang digunakan dalam penelitian,
Dalam perumusan judul harus dicoba disajikan fakta dan juga harus lebih ditonjolkan dalam jajaran judul lain dalam jurnal itu. Formulasi judul sebaiknya positif, ringkas, dan dapat memberikan petunjuk tentang isi serta penekanan-penekanan yang diberikan di dalam penelitian.
Cara menulis judul yang baik dan benar
·         sebagai solusi masalah
·         mencerminkan sikap penulis
·         terdapat action (kata pencermin tindakan)
·         terdiri dari 10 s/d 15 kata
·         hanya mempunyai satu arti tidak memihak (tanpa iklan)
·         tidak diberi titik
·         ditulis huruf kapital semua, kecuali standar internasional
·         menarik pembaca untuk diikuti.

2. Penulis (Author)
Pakar yang harus dicantumkan sebagai penulis hanyalah yang benar- benar berperan-serta dalam terciptanya karya ilmiah itu. Pencatuman nama pimpinan sebagai supervisor tidak perlu. Nama penulis seringkali diikuti keterangan mengenai jabatan dan nama lembaga tempat penulis bekerja.
Nama penulis artikel ditulis tanpa disetai gelar akademik atau gelar apapun. Nama lengkap dengan gelar akademik boleh ditulis di sebelah bawah halaman pertama artikel. Nama lembaga tempat bekerja penulis juga dapat ditulis sebagai catatan kaki di halaman pertama. Jika lebih dari tiga penulis, kadangkala hanya nama penulis utama saja yang dicantumkan di bawah judul; nama penulis lain dapat ditulis dalam catatan kaki.

3. Abstrak dan kata kunci
Abstrak lazimnya memuat masalah penelitian atau tujuan penelitian, metode penelitian, dan hasil penelitian. Abstrak dapat terdiri dari rangkaian kata-kata yang disusun dalam satu paragraf, dengan format esei bukan enumeratif. Abstrak diketik dengan spasi tunggal dan dengan format yang lebih sempit dari teks utama (margin kanan dan kiri dapat menjorok masuk beberapa ketukan).
Abstrak biasanya memakai 2 bahasa biasanya menngunakan bahasa indonesia dan bahasa inggris.
Abstrak hendaknya disertai dengan 3-5 kata-kata kunci, yaitu istilah- istilah yang mewakili ide-ide atau konsep-konsep dasar yang dibahas dalam artikel. Kata-kata kunci lajimnya berupa kata dasar atau kata yang berdiri sendiri (tunggal) bukan frasa atau rangkaian kata. Namun untuk kasus tertentu, misalnya untuk memperoleh makna yang lebih dalam maka dimungkinkan untuk digunakan kata majemuk atau kata-kata kunci yang dibentuk oleh dua kata.
Kata kunci (keywords)
Ciri-ciri Kata kunci :
Dalam menuliskan kata kunci  ada beberapa yang perlu diperhatikan
·         khasnya judul
·         kata spesifik action judul kata yang sering muncul
·         bisa berupa ungkapan selain kata
·         terdiri dari dua bahasa, keywords dengan bahasa Inggris terdiri dari 3 s/d 5 kata.

4.pendahuluan
Pendahuluan merupakan bagian penting untuk memberikan gambaran yang ringkas tetapi jelas mengenai masalah dan menghadapkan pembaca pada beberapa pustaka yang relevan. Isi pendahuluan diharapkan mampu secara mulus dan tepat menuntun pembaca menuju kepada pemikiran logis yang berakhir pada pernyataan mengenai penelitian yang dilakukan dan hasil-hasil yang diharapkan. Apabila pendahuluan telah berfungsi sebagaimana mestinya, pembaca tidak akan menjadi penerima yang pasif tetapi sebaliknya akan menjadi pencari informasi yang penuh semangat dan kreatif.

5. Metode penelitian
Bagian ini merupakan bagian yang paling gamblang untuk ditulis tetapi dapat menjadi kabur apabila penulis menceriterakan terlalu banyak rincian. Hal yang penting untuk diperhatikan adalah justru bagaimana penulis mengetahui apa yang tidak perlu dicantumkan. Jadi perlu pertimbangan mana yang perlu dijelaskan (diuraikan) dan apa yang tidak perlu dicantumkan tanpa mengurangi makna dan arti tulisan.
Metode penelitian
Salah satu kriteria utama dalam penulisan metode penelitian yang baik adalah apabila peneliti lain dapat mengulangi penelitian itu setelah membaca uraian tersebut.
Aplikasi teknik baru atau modifikasi lama sebaiknya diuraikan dengan lengkap, ringkas, dan tepat. Jika teknik ini telah (pernah) diuraikan selengkapnya, penulis cukup mengacu pada pustaka tersebut.
Demikian pula dengan teknik statistik. Apabila teknik itu telah dijelaskan selengkapnya dalam publikasi atau buku pengajaran (texbook) tertentu maka cukup diacu saja.
Analisis statistik, dan juga analisis kimia , umumnya merupakan alat bantu yang digunakan oleh para peneliti, bukan tujuan akhirnya.

6.Hasil penelitian
Bab mengenai "Hasil Penelitian" bertujuan untuk mengemukakan hasil penelitian. Secara umum bagian ini berisi penemuan-penemuan penelitian, penjelasan serta penafsiran data, dan hubungan data yang diperoleh.
Dalam Menulis "hasil" harus jelas supaya pembaca tidak mengira penulis telah menyembunyikan sesuatu atau mengira bagian tersebut terlewat pada waktu pertama kali membaca.

7. pembahasan
Seringkali dalam jurnal ilmiah, pembahasan merupakan  pembahasan hasil penelitian. Bagian ini bukan merupakan ulasan dari banyak pustaka di sekitar pokok penelitian tetapi lebih menekankan penafsiran dan ulasan dari penulis . Apabila harus menggunakan kutipan, semua kutipan pustaka harus berfungsi mendukung pendapat-pendapat penulis mengenai hasil penelitian itu.

8. Kesimpulan dan saran
Bagian ini menyajikan kesimpulan dari penelitian bukan hanya mengulangi apa yang sudah disampaikan dalam hasil. Kesimpulan memuat ringkasan uraian, atau jawaban sistematis dari masalah yang diajukan secara singkat. Lazimnya kesimpulan diikuti oleh saran-saran atau rencana tindaklanjut.
Kesimpulan dan saran dapat disajikan dalam format esai

9. Daftar pustaka & lampiran
Daftar pustaka berisi informasi tentang sumber pustaka yang telah dirujuk dalam tubuh tulisan. Penulisan daftar pustaka dan lampiran hampisr sama dengan formula yang anda pakai dalam penulisan skripsi

Sekian dan terima kasih



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
KARTIMAH DIBUAT SEBAGAI AKTUALISASI DI DI UIN SU

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *

Recent Posts